childhood

apa yang kalian pikirkan kalo mendengar kata childhood? makanan zaman dulu? mainan zaman dulu? atau gebetan zaman dulu?
kalo gue sendiri yang pertama ada dalam pikiran gue adalah makanan. iya makanan. begitu banyaknya makanan zaman dulu yg sekarang udah mulai punah tertutup oleh butiran-butiran upil.
kaya yang satu ini nihh
 (sumber gambar: google images)

gue udah ga pernah ngeliat makanan yg satu ini berkeliaran ditoko-toko, mungkin yang punya pabrik udah move on kali ya, entahlah..
tapi di sini gue bukan mau ngebahas tentang makanan, gue mau ngebahas berbagai macam kenangan masa kecil kita dan perbandingan dengan anak-anak zaman sekarang. oke cekidooot

film zaman dulu......
gue agak miris sama film yang biasa ditonton anak-anak zaman sekarang, kebanyakan dari mereka menonton sinetron yang seperti kita tau sinetron itu kurang mendidik. dulu zaman gue kecil, ga ada yang namanya kepikiran sama pacaran, ga kepikiran apa pacaran itu yang gimana, dulu bagi gue dan teman-teman gue pacaran itu aib dan tabu, kalo sekarang? adek gue yang belum masuk TK aja waktu liat cowok cakep di tipi langsung komentar "itu pacalku, itu pacalku" ini masih mending, ada yang buat gue lebih nyesek, waktu itu gue lagi jomblo dan gue harus menerima kenyataan kalo adek gue yang masih SD udah punya pacar dan dicantumin di facebooknya padahal gue sang kakak yg kece dan udah kuliah status dipesbuk "jomblo" ini nyesek banget.
gue sedih ngeliat tontonan-tontonan yang biasa dinikmati adek gue yang kebanyakan tentang cinta, cinta, dan cinta, ada film tentang sejarah yg terkenal dengan icon elang nya tapi itupun sejarahnya salah. gue jadi kangen sama film-film zaman dulu yang lebih banyak kartunnya, kaya..
  •  Teletubies
gue demen banget liat ini film, selain bentuknya yang unyu-unyu dan cerita yang lumayan mendidik, ada satu hal yang paling gue demen, kue yang biasa dimakan sama mereka keliatan enak banget, gue sering ngiler kalo liat kue yang mereka makan.


  •   Petualangan Sherina
ini ceritanya seru, petualangan sherina dan derby yang awalnya musuhan namun pada akhirnya mereka bersahabat, gue demen sama lagu-lagunya, mulai dari Lihatlah lebih dekat  yang dinyanyiin sherina pas dia mau pindah sama lagu dia pikir (bener ga sih?) yang dinyanyiin duet bareng derby, selain itu gue jg demen pas ngeliat boscha, tempatnya keren gitu tapi sayang sampai segede gini gue belum punya kesempatan ke sana.


  •  Ninja Hatori
gue agak lupa sama cerita filmnya, yang gue inget cuma lirik lagunya yang "mendaki gunung lewati lembah sungai mengalir indah ke samudera bersama teman bertualang"

  • Marsupilami
ini nih yang paling gue suka MARSUPILAMI, menceritakan tentang makhluk sejenin macan tutul yang hidup di hutan, yang paling gue demen itu ikan piranhanya, dia jg punya kelakuan yg cukup lucu.
nah selain banyak film, zaman dulu juga banyak banget permainan yang mendidik, beda dengan anak zaman sekarang yang lebih suka main di rumah mantengin laptop ataupun tablet dan bermain game online yang buat mereka menjadi anti sosial, kebanyakan permainan zaman dulu dimainin bareng-bareng dan membuat kita jadi tau arti kebersamaan, kaya..
  • Cutikan
gue ga tau bahasa Indonesianya apa, yang pasti ini permainan menggunakan ranting dan batu yang dicutik, jangan minta gue buat jelasin apa cutik gue juga bingung /hehe langsung liat gambarnya aja ye
  • monopoli
permainan ini mengajarkan kita untuk pinter-pinter dalam mengambil langkah, kalo maen ini serasa jadi orang kaya dah bisa beli hotel dan rumah diberbagai negara, waktu SMA gue sempet beli maenan ini lagi, tapi sayang, adek gue ga tau cara maennya jadilah monopoli yang gue beli sia-sia /sedih


  • lompat tali
ini permainan yang susah buat gue, gue ga jago lompat, tapi ini permainan bagus, selain bisa buat seneng-seneng, ini permainan juga olangraga dan buat yang bertubuh kurang tinggi bisa jadi agak tinggi setelah sering lompat-lompat (emang ngaruh?)

  • Engklek
ini permainan juga bisa buat olahraga kaya lompat tali karena gerakannya juga lompat-lompat, selain itu permainan ini melatih keseimbangan kita karna kita melompat dengan hanya satu kaki
selain permainan yang gue sebutin diatas masih banyak permainan yang lain kaya congklak, bekel, engrang, kelereng, and so more. terkadang gue pengen banget mengulang masa-masa permainan itu, tapi sayangnya ga ada satupun temen gue yang mau gue ajakin buat maen seperti permainan yang gue sebutin diatas /sedih nah kalo kalian, yang paling kalian kangenin dari masa kecil kalian apaan sihh? atau ada yang punya permainan yang lebih menarik atau film favorit waktu kecil?? share ya

37 komentar:

  1. Kalo waktu kecil gue paling demen maen cutikan, kebersamaannya kerasa banget.

    BalasHapus
  2. ahhh yang cutikan gue pernah mainin !!!
    skrg anak2 mana ada yg ngerti :)))

    BalasHapus
  3. @Robianus Supardi bener bang, melatih kekompakan juga tuh

    BalasHapus
  4. @Bocah Saico anak2 jaman sekarang ngertinya game online doang bang -_-

    BalasHapus
  5. Ya ampun, ternyata coklat di dalem gelas kecil itu namanya Choys Choys? Dulu aku suka banget itu. Makannya pake sendok kecil gitu kan? Sekarang masih ada nggak ya?

    BalasHapus
  6. @空キセノ iyaa iyaaa betuuull....kalo ditempatku kayaknya udah ga ada kak, udah ga pernah liat,padahal kan enak :(

    BalasHapus
  7. akk gue malah gak tau cutikan itu apa. Tp selain itu gue tau smua. Jd inget jaman2 dulu :')

    BalasHapus
  8. @Yoga Shena wah bang yoga kurang gaul ga tau cutikan :p

    BalasHapus
  9. AAaaa... gue kangen film marsupilami *hubahubahubaaa*

    kangen juga tuh main permainan yg cutikan, kalau di banjarmasin ditempat gue namanya kepala haruan hha

    BalasHapus
  10. @Adittya Regas wahh kirain cutikan cuma ada di jawa :D

    BalasHapus
  11. Aseh,kau mengingatkanku pada jaman kecilkuu..itu coklatnya makanan kesukaanku jga. kalo dulu sama ada tic tic, terus ada coklat jago ato apa itu, sama remukan roti. terus mainannya jga demen banget sama lompat tali, terus ada jga tong mok, betengan, bekelan, sunda manda..kilan..haha..ada yang tau nggak yang aku sebutin??? emang masakecil itu kangeable!!

    BalasHapus
  12. jgn salah di Banjarmasin juga ada loh :D
    tapi gak pernah liat ada yg main lagi :(

    BalasHapus
  13. @Meykke Santoso kakak gaul sekalii, aku ga tau apa itu sunda manda sama kilan, jelaskan padaku!

    BalasHapus
  14. @Adittya Regas sama bang, tempat aku maenan kaya gitu jg udah punah :( mari kembali kita lestarikan :D

    BalasHapus
  15. Hahahaaha,,, Gue tiap hari sekarang jadi hafal teletabis gara2 ponakan -__-

    BalasHapus
  16. ia main monopoli...seru ada duitnya banyak! :)

    BalasHapus
  17. Wah, iya itu makanan yg coklat kangen banget gw, rasanya itu lho, khas.. :D

    BalasHapus
  18. Gue jug kgen msa" dlu. Stiap minggu psti jadwalnya kartun klo dlu. Tpi skrg mlah ftv _ _".
    Waktu dlu aja gue smpe debat, nentuin jenis kelaminnya telutubis. Wkakakak... Inget msa lalu deh

    BalasHapus
  19. Skrg jamannya coboy junior. Film favorit kecil satria baja hitam. Permainan, petak umpet. Hahaha skrg udah pda gede.

    BalasHapus
  20. @Feby Oktarista Andriawan bener bener :D tp sayangnya sekarang udah ga ada :(

    BalasHapus
  21. @ahmad fauzi iya ya sekarang kartun kalah pamor sama FTV -_- ternyata bukan cuma aku yg mikirin teletubies :D

    BalasHapus
  22. @Elang Wicakso sekarang udh ga ada yg maen petak umpet bang -_-

    BalasHapus
  23. nah..kalau teletubies ini yang bikin saya terus2san gagal nulis...

    par anak2 kecil disini demen banget sama acara ini..sampek bisa nonton berjam2 di komputer...akhirnya jadwal nulis tergeser

    BalasHapus
  24. itu marsupilami masih ada kok di tipi sebelah haha. suka deh sama marsupilami uba ba ba ba hahaha

    BalasHapus
  25. @tofik dwi pandu hah seriusan bang?? di channel manaaa????

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. cutikan,, itu mainan favorit gue pas masih balita.. kalo udah main itu, bisa" lupa waktu saking asyiknya ehehhee

    BalasHapus
  29. sowry baru sempat ninggalin jejak wuihhh ngebaca postingan ini benar-benar menguak kembali kenangan masa kecilku... yaaahh zaman udah beda..alhm masa kecil kita dulu belum tercemar dengan kata pacar-pacaran atau lagu-lagu cinta gtu.. hm kalau sekarang cuma bisa bilang ckckck oia itu permainan paling akhir klu di kotaku di bilang gici hehe

    BalasHapus
  30. Ahahaha setelah baca postingain ini, gue jadi kangen film jaman kecil..
    Dan, teletubies ada yang meninggal gara-gara kekurangan oksigen. :p

    BalasHapus
  31. @Zhie Cha Smile iya bener, jadi miris liat anak kecil jaman sekarang :( waa beda nama :D

    BalasHapus

Sumbangan komennya kakak.... Dan tunggu feedback dari saya :)

Diberdayakan oleh Blogger.