Tipe-Tipe Dosen


Nyolong di sini
DOSEN. 5 huruf, 1 kata, Berjuta Komentar. Yuhuu siapa sih yang ga tau dosen? siapa juga yang ga tau cerita-cerita seram tentang dosen? gue yakin hampir semua orang pasti tau dan pernah merasakan. Ada yang pernah dapet dosen dewa, ada juga yang pernah dapet dosen yang tiap ketemu rasanya pengen ngelempar telur busuk. Dan di postingan kali ini gue akan menjelaskan sedikit tipe-tipe dosen yang ada dan yang pernah gue temuin.

1. Dosen Dewa

Ini dosen paling dicari mahasiswa, sayangnya jumlahnya sangat sedikit bahkan bisa dibilang langka. Dosen yang masuk kategori dewa itu dosen yang bisa diajak kompromi soal pertemuan kuliah, ngajarnya enak, ga banyak tugas, dan gampang ngasih nilai. Sayangnya dosen jenis bener-bener langka!

2. Dosen Bener

Yang masuk kategori dosen bener itu dosen yang nerangin materi jelas, tiap hari masuk. dan cukup sering ngasih tugas. Yang bikin ga enak dari dosen ini adalah karena terlalu rajin, jika ada 1 hari aja libur (meski itu libur tanggal merah) ini dosen pasti akan membuat jadwal baru untuk mengganti kelas yang kosong gara-gara libur, dan biasanya dosen jenis ini kalau ngasih nilai emang sesuai kemampuan mahasiswa. Ga ada sumbangan nilai kemanusiaan apapun dalam kamusnya.

3. Dosen Gaul

Biasanya yang masuk kategori ini dosen-dosen yang masih muda. Dosen ini biasanya update banget kalau soal gadget dan soc-med. Tiap ngajar selalu membawa gadget terkini, dan selalu berkeliaran di soc-med sehingga membuat mahasiswa harus extra hati-hati dalam hal update status.

4. Dosen Asal

Ini dosen banyak demen tapi banyak juga yang ga suka. Dosen asal itu dosen yang cara ngajarnya asal dan ngasih nilai pun asal. Sebagai contoh gue selama 2 tahun kuliah gue selalu dosen asal ini, dosen asal ini mengampuh mata kuliah listening, cara ngajarnya asal, saking ngasalnya, ini dosen kadang-kadang suka tidur di depan kelas disaat para mahasiswanya mendengarkan rekaman pembicaraan bule ga jelas, waktu UTS dan UAS pun asal, ga ada kata tegang dalam ujian ini, kita jawabnya ngasal, ngasal jawab dan ngasal nyontek, dan dosen ini pun ngasih nilainya pun asal-asalan, tergantung mood dia aja.

5. Dosen Ghaib

Biasanya kita hanya mendengar "Mahasiswa Ghaib" mahasiswa yang nongol ketika ada ujian doang. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata dosen pun ada yang ghaib. Dosen ghaib ini sering menghilang tanpa kabar dan membuat para mahasiswanya stress, apalagi yang dapet dosbing ghaib kaya gini, dijamin bakal gantung diri. Gue sendiri juga pernah ngerasain dosen ghaib ini, saking ghaibnya, setelah UTS ini dosen sama sekali ga pernah hadir dalam perkuliahan dan tanpa kabar apapun.

6. Dosen Ganjen

Dosen ini termasuk dosen yang paling ga disukai mahasiswa. Biasanya dosen jenis ini hanya baik pada mahasiswa yang cantik atau ganteng doang, bahkan ada dosen yang baik hanya pada mahasiswinya yang sexy. 

7. Dosen Killer

Ga perlu banyak penjelasan untuk jenis dosen yang satu ini, udah banyak yang tau, dan udah banyak yang ngalamin. Karena emang ini dosen jenisnya paling banyak. Suka menyiksa mahasiswanya dengan pembelajaran yang mencekam dengan suara yang diberat-beratkan sehingga memberikan kesan horor, mudah marah jika ada kesalahan yang dilakukan mahasiswa, dan selalu ngasih tugas-tugas yang ga manusiawi pada mahasiswanya, dan nilai? biasanya dosen jenis ini bener-bener pelit nilai.

Nah itu tadi beberapa tipe dosen yang biasanya ada, jadi gimana dengan dosen kalian?

24 komentar:

  1. semoga nanti kalo aku jadi dosen bisa jadi dosen tipe dewa nyiahahahaha :p
    ada-ada aja ya tipe dosen, aku sih selama dosennya enak ya biasa aja

    tapi kalo dosen killer, ganjen, ngasal, dan ghaib aku gak suka hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. buruan jadi dosen dewa kak, biar ga punah!

      Hapus
  2. Seandainya semua dosen adalah dosen dewa ya :(
    Tapi emang sih dosen dewa itu sedikit banget. Kalo dibandingin dosen killer, mungkin perbandingannya 1:100000000000000000 di dunia ini. Miris...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya miris banget, yang baik2 emang langka -_-

      Hapus
    2. Berarti harus ada lowongan pemburu dosen tuh. Yang killer diburu, yg dewa dipelihara baik-baik. Dikembangbiakan kalo bisa :|

      Hapus
  3. Komplit banget nyebutin jenis dosen..
    Aku suka tuh dosen dewa kalau caranya memberi nilai.. tapi, ilmunya kurang lah...
    Kalau dosen killer itulah yang tidak paling aku suka..hehe

    Lama ngga nongol, kemana aja kamu sih??

    BalasHapus
  4. Bhahaha.... ada jg jenis dosen seperti dosen saya ini lebih parah dari pada Dosen killer, kenapa? "Mahasiswa yg terlambat masuk disuruh nyanyi depan kelas satu lagu full dan semua orang ngga boleh ada yg tertawa satupun" bayangin

    jadi kalo dia udah dlm kelas, Mahasiswa yg terlambat lebih milih untuk mngurungkan niatnya masuk belajar hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh kalo saya punya dosen kaya gitu mungkin sama, mending bolos sekalian deh

      Hapus
  5. udah jadi pemerhati dosen sekaran ya??
    kalau lagi sibuk ngurus skiripsi, dosen ghaib emang paling nyebelin..suka menghilang gak jelas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih habis yg diperhatiin ga pernah peka *curhat*

      Hapus
  6. belom pernah punya dosen yang bener2 gaol wakakaka.
    kalo dosen dewa ada, tapi yaaa dikit banget nget nget.
    dosen dewa biasanya gak bikin takut, jd garap tugasnya selow banget..kurang meacu semangat utk berprestasi. aku lebih suka 'dosen bener' karena beliau2 orgnya baik, tapi wibawanya tetep tinggi shgga bikin kagum+segan+termotivasi garap tugas/blajar hehe.
    gak suka dosen ganjen. ada sih.untung cuma sebiji hahaha.
    dosen ghaib? ada juga! huahahaha.
    dosen asal, ada. untung aku beruntung, dapet A/B . kasian yg entah kenapa temen2ku ada yg dpt C/D :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah untung loh kamu dapet A/B temenku yg pinter aja gara2 dosen asal nilainya D -_-

      Hapus
  7. Lengkaap banget !!
    Seperti nya pengalaman banget yaaak.
    Udah mencicipi semua varian dosen nya.

    Paling banyak di kampus ku itu dosen bener + gaul + gokil.
    Sifatnya nyampur gitu.

    Dosen memang semena-mena mereka laah.
    Seakan-akan mahasiswa itu percobaan nya.
    Pahit bener !!
    Masa perkuliahan bener-bener paling ajojing.

    BalasHapus
  8. Banyak tipe dosen yak? Hmm, pernah nemuin dosen dosen kaya gitu sih di kampus. Masih kurang satu tuh. Dosen jual mahal/ dosen jaim. Beuh, kalau lagi ngajar mah jaim ampun ampunan, kalau di jurusan ganjennya keluar:D Apalagi kalau suka sama mahasiswanya, berasa ABG tua bener dah:p

    BalasHapus
  9. ahh, yang paling gue ga suka dari semuanya itu DOSEN NGASAL!! enak aja pendidikan dimain mainin, ini khan bekal kita buat masa depan yaaaak....untung dlu gue ga ada yg model kyk begitu Seh..dosen gue semuanya niat dan berdikari tinggi!! hehehe

    BalasHapus
  10. dari sekian banyak pilihan, yg no 7 lah yg paling bikin ati dongkol terus sama dosen :D

    BalasHapus
  11. Eh, udah lama nggak mampir ke sini, udah ganti penampilan aja nih blognya. Tjakepnyaaa kayak yang punya huehehe.
    Baru semester pertama ini, jadi belum nemu semua dosen yang kaya gitu, Mbak hehehe. Ah, tapi nggak berharap nemu yang jelek-jelek sih dosennya.

    BalasHapus
  12. gak pernah nyobain 'kenal' dosen, haha
    macem2 juga sih yaak, yg susah sih udh pasti, dosen dewa wkwk

    BalasHapus
  13. paling susah musuh dosen ganjen tuh, apalagi kalo wajah kita itu dibilang jelek kasihan, tapi di bilang ganteng juga mustahil.

    BalasHapus
  14. Yuk ikuti, giveaway berhadiah CD Original @onedirection dan pulsa http://t.co/VbMOKQ77C5 Ajak teman-temanmu sebanyaknya dan menangkan hadiahnya!

    BalasHapus
  15. Ada-ada mahasiswa ya. Saya dulu jadi mahasiswa dan sekarang juga sedang jadi mahasiswa S-3 gak sebanyak itu deh kriterianya. Dalam pandangan saya sebagai dosen, kaliyan sebagai mahasiswa yang bener jangan mejeng doang di kampus apalagi cuma masuk waktu ujian, mapus lah kau.
    Kalau masih ngandalkan biaya orang tua jangan sia-siakan amanah dan biaya dari susah payah mereka.
    Yang jelas DOSEN LAIN DARI GURU SILAT yang selalu ada jurus yang disembunyikan supaya jika muridnya makar tak akan bisa mengalahkannya. Kalau dosen akan bangga jika punya mahasiswa LEBIH PINTER DARI DIRINYA.

    BalasHapus
  16. ada lo yg modifikasi, kaya saya... kalo ndosen dewa mah males, ada banyak tuh di universitas yg ge-je.. kuliah dateng sesekali aja - ga ada tugas - nilai bagus...

    BalasHapus
  17. yang sering aku temui dosen ganjen..

    BalasHapus

Sumbangan komennya kakak.... Dan tunggu feedback dari saya :)

Diberdayakan oleh Blogger.