Berbagi Nasi Kudus

Holaaa semuaaa, gue balik lagi setelah entah berapa minggu menelantarkan blog gue ini, alasannya? sama seperti alasan-alasan sebelumnya, kebanyakan tugas.

Oke kali ini gue mau cerita pengalaman gue beberapa hari yang lalu saat iseng ikut komunitas Berbagi Nasi Kudus, ini bukan pertama kalinya gue ikut komunitas Berbagi Nasi, sebelumnya gue udah ikut komunitas Berbagi Nasi yang ada di Solo yang gue ceritakan di sini
Jadi beberapa hari yang lalu tepatnya Jum'at, 25 April 2014 di siang hari gue lupa jamnya jam berapa, waktu itu gue lagi asik stalking timeline mantan twitter, dan ga sengaja gue liat sebuah twit yang di Retweet sama akun @sekitarKudus yang isinya seperti ini



Nah setelah baca itu twit, gue langsung tertarik buat dateng, mumpung di rumah dan mumpung sorenya gue ada janji sama temen buat maen jadi gue pikir sekalian aja habis main gue ikutan acara ini.

Acara Berbagi Nasi Kudus hampir sama dengan Berbagi Nasi Solo ataupun Berbagi Nasi di daerah-daerah yang lain. Sama-sama memiliki misi menuntaskan kelaparan, targetnya sama, para pekerja yang tidur beralaskan bumi dan beratap langit. Di Kudus acara Berbagi Nasi diadakan tiap hari Jum'at sekitar jam 18.30 dan biasanya kumpul di sekitar alun-alun Kudus. Untuk Berbagi Nasi Kudus belum ada donatur tetap, jadi nasinya hanya mengandalkan sumbangan dari temen-temen yang ikutan dan itupun seikhlasnya. Kemarin nasi yang terkumpul sebanyak 35. Memang sedikit tapi ga jadi masalah, yang penting niatnya. 

Gue awalnya sempet takut buat join, karena apa? Karena dikomunitas itu ga ada satupun yang gue kenal, cuma asal nekat ikutan aja, Dan akhirnya setelah gue sampai TKP sekitar pukul 19.30 (biasa orang Indonesia suka ngaret hehe) gue disambut dengan ramah dan renyah. Syukurlah gue ga harus merasa canggung dulu untuk kenal mereka, karena kebanyakan dari mereka orang yang ramah, baru kenal aja udah ngajakin becanda. nah sekitar jam 8 akhirnya kita bergerak menyusuri jalanan malam kota Kudus. Perjalanan di mulai dengan memberikan nasi-nasi kepada para tukang becak dan para tunawisma yang ada di sekitar Pasar Kliwon Kudus, di sini mulai terasa perbedaannya, kalau di Solo dengan mudahnya kita menemukan para tunawisma yang tidur berjejer di pinggiran toko, tapi di Kudus hanya ada sekitar 4 orang aja dan sisanya kita kasih ke tukang becak yang masih mencari rejeki dimalam hari. Dan setelah semua nasi habis gue pun langsung pamit pulang karena udah malem (waktu itu sekitar jam 9). Nah buat para remaja atau siapaun yang ada di sekitar Kudus yang mau ikutan tinggal dateng aja tiap Jum'at jam 18.30 untuk tanya tempatnya bisa follow akun twitternya @berbaginasiKDS mari menyabarkan kebaikan melalui sebungkus nasi untuk mereka yang membutuhkan, salam kelaparan!

29 komentar:

  1. Di tempatku kekurangan tunawisma sih, jadi gak bisa bikin kegiatan berbagi nasi. :( #loh!
    Kalo berbagi nasi ke Kucing2 liar pasti seruuu... :3

    Eh jadi kalian berbagi nasinya sekitaran abis maghrib? Dulu pernah lihat di TV jalannya tuh tengah malem. Haha.. Mungkin jakarta kali ya, kalo jam sibuk pasti macet. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. daripada berbagi ke kucing mending berbagi ke anak kost Rick *kedip-kedip*
      Iya kalo yg di Solo jg tengah malem Rick, di Kudus emang abis maghrib, soalnya kalo tengah malem targetnya malah kurang.

      Hapus
  2. kudus? deket nggak sama makam sunan kudus ..ekekekekeke
    soalnya yang aku tau cuma sekitar situ sih...sekitaran pondok

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan deket lah dari Makam Sunan Kudus, tinggal ke Timur dikit :D

      Hapus
    2. kapan kapan kalau saya ke pondok bisa maen dong #moduslama.....

      Hapus
  3. Daerahku belum ada kegiatan kaya gitu, jadi bisanya berbagi secara personal aja, yang sering aku kasih juga bukan tunawisma atau semacamnya, tapi temenku yang selalu kelaparan -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hei ada kok Bin coba cari di twitter @berbaginasiPWK gue jg kelaperan loh Bin, lu ga mau ngasih gue makan nih?

      Hapus
  4. seumur - umur aku g pernah ngadain bagi - bagi nasi kayak gini... pengen juga sih, tapi di daerahku kekurangan tunawisma juga... biasanya cuma pas puasa doang, bagi2 takjil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus dong berarti tempat kamu perekonomiannya udah lumayan maju :)

      Hapus
    2. hhmm... gak gitu juga sih...

      eh, itu komenku kok nyangkut di bawah ?...

      Hapus
  5. Pengen nyoba ah ikut acara berbagi. Belum pernah ikut. Tapi, di Jakarta ada gak ya kyk gitu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok, follow aja @berbaginasiJKT kalau mau tanya-tanya dulu :)

      Hapus
  6. seru yah berbagi sama orang yang membutuhkan, di tempatku gak ada acara yang seperti itu.. Mungkin kalo informasinya di sebarkan lebih sering dan banyak, pasti banyak yang ikutan hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau belum ada kamu aja yg memulai, seru loh bisa berbagi dengan sesama :)

      Hapus
  7. sumpah komunitasnya keren abis, kalo gitu, tiap hari gue ikutan acara ini dah :D haha
    eh di palembang udah ada blum ini komunitas ? -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayookk ikutan Wil! di Palembang udah ada kok, follow aja @berbaginasiPLG untuk info lebih lanjutnya :)

      Hapus
  8. di tempatku juga udah ada komunitas kayak gini. dan bakal rame menjelang atau selama ramadhan. tapi seumur umur saya belum pernah ikutan T^T semoga nanti bisa ikutan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok dong sekali-sekali kalau ada waktu longgar ikutan, asik loh :)

      Hapus
    2. hmmm... gak gitu juga sih...

      Hapus
  9. waah mulia banget niat lo buat ikutan join buat berbagi nasi di Kudus. semoga saja amal lo diterima ya sama yang di Atas.
    sebenernya acara-acara yang kayak begini nih harus di banyakin lagi di beberapa kota yang masih banyak tuna wisma nya. kan bermanfaat banget buat membantu mereka, juga tukang becak yang masih mencari nafkah di malam hari, mereka pasti belum makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin :) ayok ikutan berbagi nasi di daerahmu, asik loh acaranya :)

      Hapus
  10. Kalau didaerah kalian ada belum ada kegiatan berbuat baik, keren juga untuk memulai dan merintis sendiri.Awalan bisa ajak teman dekat untuk berbuat baik dulu,trus silahkan bisa tularkan virus ke yang lain.

    BalasHapus
  11. mulia sekali ya kegiatan komunitas yang loe ikutin itu ya seh,,berbagi makanan meski gak setiap hari tapi sangat membantu dan sangat berharga banget meski cuma sebungkus nasi doang. coba semua orang seindonesia ngelakuin hal yang sama mungkin gak ada yang kelaparan ya dijalanan , SALUT seh !!! inspiratif bgt

    BalasHapus
  12. Gimana sih ? Masa' iya nasi doang ?Lauk sama minumnya mana ? wkwkwk

    Tapi keren kok komunitasnya, bisa bagi - bagi rejeki sama mereka yang memang membutuhkan. Bukannya malah bagi2 ke orang2 yang berduit, yang kaya jadi makin kaya. Terus sistimnya buka - buka tirai lagi *ini sindiran*

    Di kota sidoarjo kayaknya gak ada gerakan kemanusian semacam itu, karna tunawisma disini jarang banget. Ehh tapi kalo panti asuhan masih bisa kan ya ? :D
    Tapi kadang kalo udah masuk bulan puasa biasanya sih rame bagi - bagi makanan.
    Hemm jadi tertarik nih buat jadi pelopor #BerbagiNasi di Sidoarjo ;)

    BalasHapus
  13. Renyah udah kayak kue kering buat lebaran aja yak._.

    Ah, mulia sekali kalian. Aku terharu bacanya. Emang bener, masih banyak orang yang butuh makan di luar sana. Dan kegiatan yang kalian lakukan itu bener-bener positif. Semoga emang bener-bener tulus dan dapet balasan yang berarti ya.

    Sukses terus buat acaranya.

    BalasHapus
  14. Waw, keren nih kegiatan komunitasnya. Nggak hanya seru-seruan ngumpul tapi juga berbagi kpd mereka yang membutuhkan.

    Patut dicontoh nih sama daerah lain, eh kalo di Banjarmasin ada nggak ya acara kayagini. Sejauh ini sih nggak ada, tapi entahlah. Meskipun nggak ada acara berbagi nasi, tapi di sini juga ada kegiatan sosial yg tujuannya juga membantu orang yg membutuhkan.

    Semoga, para generasi muda semakin tertarikuntuk terus melakukan kegiatan sosial seperti ini :)

    BalasHapus
  15. menarik yah, bisa berbagi nasi ke orang-orang yang membutuhkan. sayang di cirebon belum ada, gue pengen ikutan nih kalo ada.. asyik bgt malem2 keliling2 nyari orang kelaparan..

    semoga lo hati lo gak kelaparan ya sih.. :D

    SALAM KELAPARAN! lanjutkan...

    BalasHapus
  16. aaaak Kak Aseh yang cantiknya enggak sopan hatinya mulia sekaliiiii... boleh dicopot enggak hatinya? mau aku jadiin sate biar terus aku bagi-bagiin deh ke yang membutuhkan..

    btw keren abis! jarang ada anak muda yang peduli sesama, komunitas semacam ini menurut gue adalah komunitas paling keren. Tapi sayang, kayaknya di Sidoarjo enggak ada deh, pantes setiap malem gue selalu kelaperan

    BalasHapus
  17. aku udah pernah baca yang kamu bagi bagi nasi sebelumnya dan sekrang bagi bagi lagi Seh, kamu kerenn...malahan enak dong dari yang nggak kenal sekarang jadi banyak temen..aku aja pingin Seh...

    BalasHapus

Sumbangan komennya kakak.... Dan tunggu feedback dari saya :)

Diberdayakan oleh Blogger.