tips buat anak kost

selamat siaang,selamat puasaaaaa....
balik lagi sama saya si mahasiswi kece salah jurusan,
berhubung ini lagi musimnya peralihan status yg asalnya siswa menjadi mahasiswa, gue bakal nge share beberapa tips buat kalian-kalian yang bakal menjadi mahasiswa/i diperantauan dan secara otomatis, mau ga mau kalian harus membuang jauh-jauh fasilitas mewah dan harus nge kost. di sini gue bakal ngeshare beberapa tips milih kost dan cara bertahan hidup sebagai anak kost an, oke cekidoot

kalo mau cari kost itu haruusss.... 
  •  cari sendiri
dari hasil survey gue, kebanyakan temen-temen gue yang nyesel sama kostnya itu gara-gara mereka percaya aja sama salah satu orang entah itu teman atau sodara buat nyariin kost, kalo menurut gue lebih baik jangan, sebisa mungkin cari sendiri dulu, cari yang sesuai dengan selera hati, jangan nyampe nyesel! duitnya kan ga bisa ditarik lagi kalo udah terlanjur bayar full. 
  • perhatikan lingkungan
lihat lingkungan sekitar, apakah tempatnya strategis apa ga, dan buat yang ga bawa kendaraan plis jangan cari yang jauh, cari yang belakang kampus aja, liat lingkungan apa aman atau ga, keamanan bisa ditanyain ke warga sekitar, usahain cari kost yang lingkungan sekitar banyak rumah, jangan kayak kost gue yang sampingnya kebun-kebun yang membuat suasana malam terlihat horor dan rawan penjambretan, buat yang jomblo bisa juga cari kost yang sekitar kostnya banyak kost lawan jenis. apalagi kalau pas didepan, lumayan kan bisa TePe-TePe dikit. dan buat kalian yang doyan makan cari tempat kost yang daerah sekitarnya banyak yang jual makanan, cari juga kost yang nyediain banyak nomer telpon abang delivery makanan ini membantu kalian yang pas kelaparan tp males buat keluar. dan yang paling penting perhatikan calon teman se kost kamu, apakah mereka ramah ataukah mereka seorang pembunuh bayaran? we dont know...
  • pemilik kost
ini juga termasuk penting, cari yang pemilik kostnya baik dan ga pelit, tapi emang susah si, soalnya mereka kadang baik diawal doang tapi belakangnya udah kaya vampire, gue udah mengalami ini dan akhirnya gue memilih buat pindah kost meskipun kost gue sebenernya udah bagus dan nyaman tapi ya itu bu kostnya terlalu kepo sama masalah percintaan gue dan terlalu kepo sama keuangan gue,jadilah gue pindah. saran gue sih kalo bisa cari yang bu kostnya agak tegas, bukan galak loh tapi tegas. cari kost yang peraturannya cowok dilarang masuk, ini bisa menjaga pergaulan kalian selama diperantauan, tapi buat yang pengen bebas ada juga kok yg meskipun ada bu kostnya tapi cowok tetep boleh masuk kamar itu ada.
  • kondisi kost
perhatikan kondisi kost, cari kost yang bersih dan ga terlihat kumuh dari luar, kalo bisa cari kost yang ada pembantunya jadi ada yang ngebersihin setiap harinya dan kost kita pun jadi bersih setiap saat, perhatikan kamar mandi, ini yang paling penting! cari kost yang ada wcnya, jangan sampai punya kost tapi kalo mau boker harus ke kebun atau sungai dulu, jangan! 
  • lihat harganya 
cari kost yang harga sama fasilitasnya sesuai, sesuain juga dengan kemampuan orang kita, harga kost itu variasi, ada yang mahal dengan fasilitas minim, ada juga yg murah tapi fasilitas oke. kalo ditempat gue bahkan ada yang cuma 750.000 setahun itupun udah termasuk dengan listriknya, tapi ya itu ada harga ada rupa, rupanya si gue ga ngerti karena gue cuma dikasi tau temen tapi yg gue tau ini kostnya bebas jadi cowok boleh nginep berhari-hari.
       
nah kalo udah dapet kost yang dipengen tinggal mikir gimana cara bertahan hidup diperantauan. hidup diperantauan itu kejam, lebih kejam dari guru matematika waktu SMP. kita harus melakukan semua hal sendiri, dan kita harus pinter-pinter ngatur keuangan, nah gue bakal ngasih beberapa tips gimana hidup hemat tapi bahagia diperantauan, monggo....
  1. simpen uang kalian di bank, gue saranin buat kalian yang boros jangan sekali-sekali bawa duit bulanan ditangan, mending disimpen di bank dan kita ambil seperlunya aja, contoh nih: kalo gue yang biasanya 3 hari ngabisin duit 100rb jadi tiap gue ke ATM gue cuma ambil duit 100rb, dan gue ga bakal ambil lagi sebelum duit gue abis. duit dikit di dompet itu bermanfaat, kita bakal berpikir untuk berhemat jika melihat isi dompet yang sedikit, beda kalo kita bawa duit banyak, bawaannya pasti pengen beli ini itu dan akhirnya duit kita yang jatah sebulan bisa ludes hanya dalam seminggu. ini boros bung!
  2. bawa mejikom dari rumah, ini cukup menghemat karena kita ga perlu beli nasi, sedangkan beras kita bisa beli pas lagi mudik ke rumah.
  3. cari rumah makan murah dan porsi gede, ini salah satu hobi gue, iya nyari tempat makan yang murah tapi porsinya banyak. tapi kalo mau makan enak ga apa-apa lah sesekali, tapi jangan keterusan, cukup sebulan sekali aja.
  4. perbanyak temen, deketin mereka dan hapalin tanggal lahir mereka, pasang muka sok akrab pas mereka ulang tahun dan minta traktiran dari mereka, bagaimana kalo kita yang ulang tahun? makanya jangan kasih tau ulang tahun kita ke temen biar ga ditagih traktiran.
  5. cari pacar, ini disarankan untuk cewek tapi ga disarankan untuk cowok. buat yang cowok kalo udah terlanjur punya pacar satu kampus, bersabarlah nak. sesekali ajak pacar buat makan di angkringan, selain hemat ini bisa juga buat ngetest kesetiaan pacar kalian. 
  6. ikut kegiatan di kampus, gue ga mengikuti tips ini karena gue males jadi orang sibuk. tapi yang gue lihat dari temen gue ini cukup membantu, tiap ada acara atau rapat biasanya ada sesi makan gratis, atau mungkin yang pernah gue alamin sih waktu sosialisasi lomba gue dapet jatah bensin lumayan motor gue bisa diisi bensin tanpa harus ngeluarin duit sendiri.
  7. pilih-pilih teman, ini penting, jangan terlalu deket sama temen yang hobinya cuma belanja sama nongkrong, niscaya duit kalian ga bakal bertahan lama!
  8. nyuci baju sendiri, seenggaknya agak menghemat duit buat loundry, tapi jujur gue lebih suka loundry karena gue punya banyak waktu buat nyuci baju mwehehehe
  9. jadilah orang yang pintar dan suka membantu teman mengerjakan tugas, seenggaknya temen yang kalian sering bantu akan merasa simpati sama kita dan akhirnya dia neraktir kita makan.
  10. cari temen yang ga ngekost alias masih sama orang tua, ini cukup membantu saat akhir bulan, kalian bisa nebeng dengan pura-pura sendirian di kost dan pengen maen di rumahnya, dan secara otomatis kalian bakal dan makanan dan cemilan gratis selama menginap.
oke sekian yang dapat gue sampaikan, kalo kalian punya tips tambahan monggo dishare, semoga bermanfaat, happy nge kost!!!  

18 komentar:

  1. *nebeng di kost teman*
    *nggak modal*
    Hahahaha....

    BalasHapus
  2. tempat yg strategis dan dket kampus. Itu yg paling penting :D tp ada jeleknya asih, siap2 bakal sering ditongkrongn tmen2 kampus yg lagi males pulang haha

    BalasHapus
  3. kalo temen saya mah, nyarinya yg bebas. gak tau bebas apanya mungkin bebas biyaya kali ya.. kampret emang tu bocah.

    BalasHapus
  4. wah bener bener mantep nih sarannya. taun depan aku jadi anak kost loh #MudahMudahan

    BalasHapus
  5. Bener, cari sendiri. Dan hindari calo. Biasanya kalo deket-deket waktu daftar ulang banyak banget calo kos-kosan.

    BalasHapus
  6. anak2 kost itu makan mewahnya cm di tanggal muda aja, gliran di tanggal tua, mereka pd ngemis2. .

    BalasHapus
  7. mantep nih tipsnya patut diterapin deh,,
    btw, namanya aseh prakoso itu ce or co sih ? kok potonya cewek ? #bingung

    BalasHapus
  8. Ajib~
    Gila tips-tipsnya...
    Udah kuliah berapa puluh tahun tuh saking pahamnya sama dunia mahasiswa..hahahaha
    Kereeen.. Bisa kepikiran sampe sejauh itu :D

    BalasHapus
  9. iye, boleh neeh sarannya buat di terapin. perasaan pertama'' nulis lo ngomongnya saya, bis itu gue ? yg bner itu yg mane ? yg ekeeh ??

    tips nya keren, tadi gue jg bis kopdar. si bocil di ajrin cara pntar ketika makan di rumah makan, caranya simple. cukup sedianin muka dengan tampang yg pede, lebih tepatnya ke muka tembok. bis itu, semua sisa'' makanan, di plastikkin dan di bawa pulang. nasi nya juga boleh

    BalasHapus
  10. Kayaknya kamu gagal dalam hal lingkungan sekitar, dapatnya yang dekat kebun.

    Ini mental mahasiswa emang harus dipake biar bisa bertahan hidup :)

    BalasHapus
  11. kita hrus pinter-pinter nemuin pemilik kost yg baik hati nan rupawan, jd waktu kita lagi kantong kering mereka mengajak kita makan dirumahnya. Hidup kost itu duitnya gak ngalir kayak kita biasa dirumah :D

    tepat banget ni gue nanti bakal jadi anak kost. mkasih infonya ;)

    BalasHapus
  12. @Rizky Arie Prima nah itu paling penting bu kost aku yg sekarang gtu kadang2 ngajak buber bareng :D semangat ngekost yaa semoga betah :)

    BalasHapus
  13. hahahahahaha ane banget nih..
    jadi anak kos selain melatih jadi mandiri, juga melatih pertimbangan mendalam atas suatu hal :D

    BalasHapus
  14. memang lebih baik survei sendiri supaya lebih pas dihati. rekomendasi kost memang pas di hati yang di rekomendasiin, tapi belum tentu pas di hati kita.

    salam kenal ^^

    BalasHapus
  15. tempat yang strategis biasanya yang paling mahal :3

    BalasHapus
  16. waaaahhh tipsssx keren banget tuh.. lengkap euyyy mulai dari A-Z bagus banget dibaca buat adik yang lagi cari kos,, supaya jd referensi mereka

    BalasHapus

Sumbangan komennya kakak.... Dan tunggu feedback dari saya :)

Diberdayakan oleh Blogger.