akhir semester 2

assalamualaikum
gimana kabar puasanya?? masih lancar dong ya, yg habis UAS mana suaranya?? dapet IP berapa?? harus revisi berapa mata kuliah? gimana sama mantan ada kemajuan??

oke akhir-akhir ini gue lagi dibuat galau sekaligus dibuat kaget sekaligus dibuat seneng sama nilai UAS, galau gara-gara belum semua nilai keluar, kaget dan seneng gara-gara ada sebuah nilai yg muncul yang ga pernah gue bayangin sebelumnya.
akhir-akhir ini gue jadi rajin banget ngunjungin websitenya kampus gue cuma buat liat apa udah ada nilai baru yang keluar. tapi kampretnya aplikasi buat nilai itu sering mendadak di non-aktifin, terus gue harus gimana coba? aku kan cedih gitchu :(
di postingan ini gue bukan mau pamer nilai, sungguh ga ada yang bisa dipamerin dari nilai gue, gue cuma pengen ngeshare kebingungan gue atas nilai-nilai gue yang muncul, ini diluar dugaan gue.
nih nilai gue

ga keliatan ya? ya udah emang ga mau pamer sih, oke gue bakal share apa aja pelajaran yg dapet selama kuliah, cekidot

  • Guidance and Counseling
 jangan berpikir ini pelajaran dance, bukan ini bukan dance! meskipun namanya ada title dancenya. ini jauh dari kata dance. ini mata kuliah tentang perkembangan peserta didik atau bimbingan konseling cuma namanya dibuat ke inggris-inggrisan, kenapa? ya karena gue di bahasa Inggris jadi nama mata kuliah pun mengikuti. ini satu-satunya mata kuliah yg bikin gue semangat buat berangkat. kenapa? bukan karena dosennya enak, bukan juga karena materinya menyenangkan, tapi pas mata kuliah ini si Domo (pacar gue) juga ada kuliah dan kelas kita sampingan,jadilah gue semangat. gue masuk kuliah ini cuma nyari absen, dosen pengampu mata kuliah ini kalo ngabsen itu ga keliling tapi dipanggil satu-satu, jadilah gue yg aslinya langganan titip presensi rajin berangkat karena ga mungkin kan gue titip presensi?? gimana dengan kuliahnya? kita hanya datang-duduk-dengerin presentasi-ngantuk-pulang. begitu seterusnya ntah udah berapa kali gue tidur di kelas ini. tapi ada 1 lagi yang gue demen sama mata kuliah ini, kalo pas UTS atau UAS jawaban dari soal mata kuliah ini bisa dinalar, jadi gue yang paling males ngapalin materi ga perlu repot-repot menghapal berbagai mantra, cukup siapakan otak buat menyusun kata-kata. dan gue udah bersyukur bisa dapet B dimata kuliah ini, meskipun gue tau B itu bukan nilai yang keren -_-
  • Indonesian Academic Writing 
awal pas gue lagi ngisi KRS gue semangat banget bakal dapat mata kuliah bahasa Indonesia, dalam pikiran gue bahasa Indonesia pas kuliah itu ga jauh beda dari yg gue dapet waktu SMA, isinya seputar mengarang, meresensi, buat puisi, ataupun drama. tapi gue salah. salah banget. di sini gue diajarin berbagai bahasa baku dan cara penulisan yang harus sesuai EYD. satu yg gue inget, ternyata menyontek itu kata dasarnya bukan "contek" tapi "sontek". bagi gue mata kuliah ini paling berkesan selama hidup gue, bukan, gue ga ditembak dosennya pas lagi pelajaran, tapi untuk pertama kalinya gue dikeluarin dari kelas, dan ini terjadi saat pertemuan pertama mata kuliah ini, kurang keren apa coba gue? masalahnya sepele, gue dikira maenan hp saat itu dosen lagi nerangin buku apa aja yang mahasiswa harus punya. berhubung gue orangnya seleder(sembarangan) dan seperti sudah ditakdirkan untuk bersama, seleder slalu diikuti dengan pelupa. jadi kalo dipikir secara logika, jika gue nulis catatan diselembar kertas udah pasti itu kertas hilang diambil kucing tetangga, maka dari itu gue slalu mencatat hal penting dalam memo ponsel gue. mata kuliah ini sebenarnya menyenangkan, dosennya juga kalo nerangin bisa langsung masuk ke otak gue yang terkadang lambat untuk menerima materi, tapi kebanyakan mahasiswa (termasuk gue) udah tegang duluan waktu masuk kuliah ini. dimata kuliah ini juga gue dan mahasiswa lainnya disuruh buat PKM (program kreativitas mahasiswa) apa yang gue buat? gue yang ga bisa masak ini dengan PDnya buat PKM dengan judul "Sushi Sehat Berbalut Kulit Pisang" gue bukan mau ngebunuh orang lewat ide gue ini kok, sungguh! gue cuma ga ada ide sama sekali dan entah kenapa waktu gue liat pohon pisang langsung kepikiran buat sushi yang mana bahan pelapisnya (nori) diganti dengan kulit pisang yang menurut gue lebih mempunya nilai seni yang tinggi. yang paling gue takutin dari mata kuliah ini adalah nilai, iya jadi kalau kita dapet C dimata kuliah ini, y udah siap-siap deh buat revisi ditahun selanjutnya, dan gue bersyukur gue masih dapet B, dan FYI aja ini satu-satunya mata kuliah yang mana absen gue full ga setengah-setengah alias ga pernah bolos.
  • ISBD
mata kuliah ini hampir sama kayak Guidance and counseling, sama-sama cuma nyari absen, sama-sama bikin ngantuk, dan dalam soal UTS ataupun UAS jawabannya bisa dinalar, dan nilai yang gue dapet pun sama-sama B -_-
  • Islamic Studies II
a.k.a sobron yang sebelumnya pernah gue ceritain diblog ini juga, jadi sobron itu 2x meskipun yg gue ceritain cuma sobron pertama, tapi sobron ke dua kegiatannya hampir sama, sholat berjamaah, materi, tidur. cuma materi aja yang berbeda. seperti sobron pertama gue masih menjadi mahasiswi yang pasif, gue ga pernah bertanya. gue bukan tipe orang yang bakal mengeluarkan pertanyaan yang sebenernya udah gue tau cuma buat dapetin nilai, dan kampretnya materi yang dijelasin pas sobron itu udah gue dapetin sewaktu gue masih di MAN. jadilah gue sukses menjadi mahasiswi pasif. satu-satunya yg gue andelin di sobron itu post testnya. dan tanpa gue duga dan entah gimana asal muasalnya waktu gue liat nilai muncul nilai AB untuk mata kuliah ini.
  • Listening II
gue belum tau nilai apa yang bakal keluar buat mata kuliah yang satu ini, gue paling ga ngerti sama listening, apa yang gue dengar dan apa yang diomongin sama pembicaranya sering banget melenceng jauh, contoh: itu rekaman ngomong artist, entah gimana caranya telinga gue yang unyu ini menangkap "orchid" sungguh melenceng jauh sekali. 
  • Reading II
gue demen ngerjain soal mata kuliah ini. soalnya kayak soal bahasa Inggris sewaktu kita sekolah. jadi gue perlu belajar meskipun gue emang ga pernah belajar. di semester 2 ini, setelah gue hitung-hitung total kehadiran gue selama semester 2 cuma 4x, iya 4x. jadwal yang membuat gue sering bolos, iya ini mata kuliah jadwalnya hari senin, dan gue di semester 2 ini lagi demen banget buat mudik, dan kalau gue mudik biasanya gue balik ke Solo itu pas hari Seninnya jadilah gue langganan titip presensi. gue awalnya rada takut kaga bisa ikutan test ataupun nilai ga keluar gara-gara gue jarang masuk. tapi gue beruntung, gue dapet pengampu dari surga, nilai gue masih keluar, dan gue dapet B bro, kurang baik apa coba tuh dosen?? *cium dosen*
  • Speaking II
gue juga belum tau nilai apa yang bakal muncul. tapi gue optimis, minimal gue dapet AB untuk mata kuliah ini. bukan terlalu PD atau gimana, tapi diliat dari nilai gue sehari-sehari, nilai UTS, sampai nilai buat UAS itu antara AB dan A-, jadi gue yakin sejelek-jeleknya nilai gue bakal dapet nilai AB, ini mata kuliah yang paling gue demen, selain dosennya yang ramah dan gaul, materinya juga nyenengin, kita cuma disuruh bicara bahasa Inggris, kita disuruh pidato. kata dosen gue pronoun gue udah bagus tapi kecepatan gue bicara yang sering didemo sama dosen gue ini, iya gue yang emang dari dulu ngomongnya cepet, karena udah bawaan pas gue pidato pun gue ga bisa nge rem, tapi dosen gue akhirnya mau menerima kekurangan gue ini, dan akhirnya dia mau menerima gue apa adanya sampai akhirnya kita bahagia hidup bersama.
  • Structure II
sama halnya dengan speaking, gue belum tau nilai apa yang keluar. gue ga bisa yakin bakal dapet AB, tapi gue berdoa semoga bukan nilai D yang keluar. untuk mata kuliah ini presensi gue hampir sama dengan mata kuliah rreading. sama-sama jarang masuk. dan lagi-lagi jadwal yang membuat gue begini. jadwal mata kuliah ini jatuh di hari rabu jam 2.10 di mana pada hari itu gue ga ada jadwal kuliah lain selain structure, jadilah gue lebih sering melanjutkan tidur. total kehadiran gue cuma 3x, sebenernya lebih, tapi entah karena ga jodoh atau gimana tiap gue ada niat berangkat dan udah nyampe kampus dengan indahnya, gue dapet kabar dari temen gue kalau structure kosong, jadilah gue pulang dengan langkah gontai.
  • Writing II
untuk mata kuliah ini gue termasuk rajin, gue cuma absen 3x doang, sebenernya gue suka sama mata kuliah menulis, tapi dalam bahasa Indonesia bukan bahasa Inggris, tapi berhubung gue anak bahasa Inggris jadilah gue harus menguras otak yang pas-pas an ini buat mikirin kata demi kata untuk menyusun sebuah cerita yang diminta sama dosen gue. biasanya temen-temen gue bakal nulis cerita yang panjangnya bisa dijadiin novel, sedangkan gue cuma nulis cerita yang panjangnya untuk dijadiin sebuah cerpen pun ga bisa, iya singkat pake banget. kata-kata yang gue pakai pun sederhana, tapi entah kenapa dosen gue ngasih nilai yang kece-kece untuk setiap karangan gue. gue yang disemester I dibuat setres gara-gara mata kuliah ini, disemester II gue dibuat shock sama nilai. waktu pertemuan pertama kita udah disuruh buat karangan tentang pengalaman kita dimasa lampau, gue nyeritain pengalaman gue waktu nonton konsernya abang gue Bondan Prakoso, karangan gue singkat, padet, dan ga jelas. tapi entah kenapa itu karangan bisa dapet nilai A. dan nilai akhir yang keluarpun A, gue langsung sujud syukur waktu liat ini nilai. maklum waktu semester 1 ga ada 1pun nilai A yang bertengger dijajaran nilai gue, yang ada malah nilai D yang bertengger sepet untuk mata kuliah Lexicon.
dan nilai-nilai itu ngebuat gue gagal melanjutkan niat gue buat pindah ke bahasa Indonesia, bukan karena gue udah pede atau gue udah mencintai bahasa Inggris, ini karena bokap gue yang ngelarang keras gue buat pindah setelah beliau liat niali gue yang ada kemajuan.
katanya: "apa yang kamu pengen itu belum tentu yg terbaik, tapi pilihan Allah itu pasti yang terbaik buat hamba-Nya"
dan akhirnya gue berniat untuk mulai mencintai bahasa Inggris meski gue ga tau gue bisa apa ga.
wassalam               

18 komentar:

  1. tenang aja, semua itu pasti bisa dijalani kalo kita mau berusaha dan mencoba. Tapi belum tentu besok2nya kita kerja di bidang itu...ya namanya aja hidup. Allah yg ngatur segalanya #mendadak bijak

    BalasHapus
  2. uhukk bener banget bang, jalanin apa yg ada aja dulu

    BalasHapus
  3. cmiw....gak apalah kak aseh :D

    bentar lagi lulus *ini ngomong apa* -_- .

    BalasHapus
  4. masih lama kakak, masih 3 tahun lagi -_-

    BalasHapus
  5. Gila -___-
    Tiap mata kuliah di review satu-satu, ini kalo dosennya baca, waaaah.... Siap2 materai 6000 deh..

    Gak usah niat2 banget nyari nilai, inget satu hal : SKRIPSI LANCAR
    Udah itu aja ...

    BalasHapus
  6. moga ga ada dosen yg baca bang -_- :D bener bang bener tuh

    BalasHapus
  7. Bener bener detail lo menceritakannya, dari matkul per matkul.

    Keren ya, gue kira matkul apa tadi ternyata perkembangan peserta didik, may0tkulnya melonjak eksis kalo pake b, inggris.

    Kalo gue sih gak perlu khawatir nilai jelek, kan bisa direvisi atau ngeSP, kalo hubungan yang jelek baru gue khawatir, kan jarang ada revisi apalgi ngeSP. Nikmatin aja nilainya.

    BalasHapus
  8. iya bener banget kayaknya emang listening itu diciptakan untuk membuat orang gila, dulu waktu gue mau yudisium gt coba berkali-kali toefl dan jeblok terus di listening

    BalasHapus
  9. luar biasa loh...:)
    semangat yaa..!
    cepet lulus

    BalasHapus
  10. gue juga lagi nunggu nilai keluar ,seperti biasa HHC harap-harap cemunguth haha

    BalasHapus
  11. bang bayu: kalo revisi males waktunya bang malu sama adek kelas hiks

    bang rinem:setujuaa, merdekaa!
    bang riza:amiiin makasih bang
    bang tofik: cemungudh nunggu nilai bang! :D

    BalasHapus
  12. udah lama ga ngerasain HHC nilai.. udah 2 smester ini XD hahahaha *nasib mahasiswa tingkat akhir*

    BalasHapus
  13. salut deh ama lo bisa bahasa inggris. kalo gue ketemu matkul kaya gitu mungkin nilai gue E semua -_-

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. salut deh ama lo bisa bahasa inggris. kalo gue ketemu matkul kaya gitu mungkin nilai gue E semua -_-

    BalasHapus
  16. wah, kog ngomongin kuliah semua ya, ? Gue minder banget dah.

    Okelah, bercengkrama sama anak kuliahan mungkin bisa menambah ilmu bagi diri saya.

    Semangat kaka!

    BalasHapus
  17. hahaha meskipun IPnya kadang enggak bagus-bagus amat yang penting #KeepYoungSpirit

    BalasHapus

Sumbangan komennya kakak.... Dan tunggu feedback dari saya :)

Diberdayakan oleh Blogger.