misteri nyamuk

pernah denger kata nyamuk?ga pernah?kasihan.Nyamuk itu serangga yang tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki yang panjang; antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.
pernah digigit nyamuk?atau mungkin malah pernah gigit nyamuk?
ga tau kenapa tiap abis digigit nyamuk selalu bentol dan gatel-gatel. heran hewan sekecil gitu bisa menyebabkan kegatalan yang sangat dahsyat.
dan herannya lagi, walaupun kita udah selimutan masih aja itu nyamuk bisa gigit kita. itu karena Thermal
Nyamuk selalu dapat  menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka “melihat” dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh kita.
kenapa tiap digigit nyamuk tubuh kita jadi gatal? itu karena Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan yang sering disebut juga dengan probosis. Lalu terdapat pisau yang merobek kulit kita maju mundur, hingga dia menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada di hisap. Dalam prosesnya nyamuk juga mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan untuk mencegah darah yang dia hisap membeku. Proses ini berlangsung cepat dan seolah-olah proses yang terjadi adalah nyamuk menusuk tubuh padahal tidak begitu, nyamuk membedah kita seperti layaknya dokter bedah yang cepat dan akurat. Setalah nyamuk kenyang dia akan mencabut probiosis dan terbang. Air liur yang tertinggal di kulit kita akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi, dan yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal. nah begitulah penyebab gigitan nyamuk bisa buat kita gatal. semoga bisa menambah pengetahuan kawan-kawan semua :)
nb: oya video waktu aku manggung udah ada loh B-) yuk diliat... 

2 komentar:

  1. klarifikasi itu,nyamuk gak nggingit :D

    BalasHapus
  2. tapi mengoperasi :D kak liat viedoku ya :D

    BalasHapus

Sumbangan komennya kakak.... Dan tunggu feedback dari saya :)

Diberdayakan oleh Blogger.